3.379 Sertifikat Tanah Gratis Akan dibagi ke Masyarakat KTT tahun 2018 ini.

3.379 Sertifikat Tanah Gratis Akan dibagi ke Masyarakat KTT tahun 2018 ini.

KilasKTT – Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang digencarkan oleh Badan Pertanahan Nasional (BPN) terus mendapat tempat di hati masyarakat. Tak terkecuali masyarakat Kabupaten Tana Tidung (KTT) Kalimantan Utara. Pada tahun 2017 kemarin, Kantor Pertanahan telah melakukan pendataan dan proses ukur lahan dan dijadwalkan pada tahun 2018 ini akan dilakukan pembagian sertifikat.

“Kami sangat senang dengan adanya Program Pemerintah Jokowi – JK yang telah memberikan kemudahan legalisasi lahan milik masyarakat melalui program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) secara gratis”, jelas Kepala Desa Sebidai Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung Jones kepada Lenterakaltara.com (08/04/2018)

Jones menambahkan, penyerahan sertifikat tanah melalui PRONA/ PTSL di Kabupaten Tana Tidung telah dibagikan kepada 500 orang.

“500 Penerima sertifikat tersebut tersebar di Kecamatan Sesayap Hilir antara lain Desa Menjelutung, Desa Sesayap dan Desa Seludau, semoga tidak ada halangan tahun ini di Desa kami desa Sebidai”, pungkasnya.

Sementara itu, Andi Rahmansyah salah seorang Warga Desa Sesayap Kecamatan Sesayap Hilir,  mengatakan, ucapan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena pada periode sebelumnya tidak pernah dilakukan penyerahan sertifikat tanah secara gratis, dengan program PTSL, masyarakat sangat terbantu dalam hal persyaratan dan pelayanan administrasi secara mudah dan dengan biaya yang gratis.

“Kami berharap masyarakat Desa Tideng Pale Kecamatan Sesayap, Kabupaten Tana Tidung yang saat ini masih menunggu proses di BPN Tanjung Selor agar program PTSL dapat berlanjut di periode selanjutnya”, terang Andi.

Dikonfirmasi terpisah, Hal sama juga dirasakan oleh Sri Mulyani, Warga Desa Seludau Kecamatan Sesayap Hilir  Kabupaten Tana Tidung kepada Lenterakaltara.com (08/04/2018)

“Program PTSL di desa-desa Kabupaten Tana Tidung dan wilayah perkotaan lainnya adalah program sertifikat tanah gratis sangat baik dan perlu dukungan, karena sebelumnya persyaratan untuk mendapatkan sertifikat tanah sangat sulit serta memerlukan biaya sangat mahal”, ungkap Sri.

Sesuai pantauan, Program PTSL hingga saat ini di Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung masih dalam proses pembuatan di BPN Tanjung Selor dan direncanakan akan dibagikan tahun 2018 dilaksanakan dengan baik di Kecamatan Sesayap Hilir Kabupaten Tana Tidung.

Sementara itu, Salman Kepala Desa Tidung Pale Timur Kecamatan Sesayap Kabupaten Tana Tidung membeberkan , Rencana pembagian 3.379 sertifikat tanah dari program PTSL tahun 2017 kemarin akan dibagikan pada tahun 2018 ini.

“Semoga tidak ada halangan tahun ini sertifikat akan dibagikan. Hambatan selama ini yang terjadi di Kabupaten Tana Tidung yakni sebagian besar lahan di Kabupaten Tana Tidung merupakan lahan KBK yang dikuasai oleh PT Adindo dan PT Intraka”, jelasnya. Serta aturan penerbitan sertifikat harus menyelesaikan gambar ukur terlebih dahulu dan keterbatasan peralatan dan personil BPN Tanjung Selor”, lanjut Salman.

Salman berharap sebagian besar masyarakat Kabupaten Tana Tidung dapat mendapatkan sertifikat tanah secara gratis, dan pemerintah segera membebaskan lahan yang dikuasai perusahaan dan PT Inhutani. IB

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply