Permohonan Izin Taxi Online Diminta Sesuai Permenhub

Permohonan Izin Taxi Online Diminta Sesuai Permenhub
Kepala Dishub Provinsi Kaltara Taupan

Kepala Dishub Provinsi Kaltara Taupan

Kilas Kaltara – Meski di sejumlah grup media sosial facebook ramai dengan postingan hadirnya layanan transportasi berbasis aplikasi asal Malaysia, Grab di Tarakan, namun Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) akui belum ada permohonan izin taxi online tersebut.

Kepala Dishub Provinsi Kaltara Taupan mengaku menyambut baik niatan itu, asalkan sesuai Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) 108 Tahun 2017 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek.

“Jadi memang taksi online di daerah kita belum ada. Namun kalau kita lihat perkembangan Kota Tarakan itu memang sudah memungkinkan untuk dimulai. Kita seluruh Dishub provinsi saat melakukan rapat koordinasi di kementerian diminta mengacu pada Permenhub,” ujarnya, Senin (19/2).

Ia menjelaskan kendaraan yang digunakan harus lulus uji KIR layaknya kendaraan angkutan umum dan kendaraannya diberi stiker khusus. Surat izin mengemudi yang digunakan pengemudi atau mitra layanan adalah SIM A umum dan berada dalam koperasi beranggotakan minimal 5 orang. Permenhub itu juga mengatur kuota mitra layanan dalam satu wilayah hingga tarif harus mengikuti tarif bawah (minimum) dan tarif atas (maksimum) yang ditentukan pemerintah dalam hal ini Dishub.

Meski saat ini belum ada yang mengajukan izin operasional dari pihak layanan transportasi berbasis aplikasi manapun. Taupan mengungkapkan sudah melakukan antisipasi agar tidak terjadi gesekan antara angkutan online dengan angkutan konvensional seperti di daerah lain.

Ia pun berjanji akan memudahkan izin operasional bagi layanan transportasi berbasi aplikasi selama memenuhi Permenhub 108 Tahun 2017. (kk)

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply