RTRW Bulungan Ditarget Selesai Tahun Ini

RTRW Bulungan Ditarget Selesai Tahun Ini
Ketua DPRD Kabupaten Bulungan Syarwani

Ketua DPRD Kabupaten Bulungan Syarwani

KILAS BULUNGAN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulungan dituntut segera menyelesaikan revisi Peraturan Daerah (Perda) tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di tahun ini.  Belum terealisasinya revisi RTRW diakibatkan minimnya anggaran yang tersedia. Namun, setelah ada alokasi bantuan dari Pemprov sebesar Rp5 miliar maka perubahan RTRW wajib dieksekusi.

Ketua DPRD Bulungan Syarwani mengatakan pada prinsipnya lembaga legislatif sangat mendukung program-program strategis Kaltara. Dengan adanya komitmen Gubernur Kaltara Irianto Lambrie menyokong revisi RTRW melalui bantuan dana yang digulirkan, maka dipastikan turut mempercepat realisasi perubahan itu. “Itu akan diselesaikan tahun ini dengan target 8 bulan,” jelasnya.

Ia menjelaskan revisi RTRW adalah syarat secara administratif yang harus dimiliki Pemprov Kaltara untuk menjalankan sejumlah program pembangunan. “Karena itu berhubungan dengan sejumlah program strategis Kaltara seperti kawasan kota baru mandiri termasuk KIPI dan PLTA,” bebernya.

Sejauh ini, kata Syarwani, revisi urung dilakukan dikarenakan minimnya anggaran di Pemkab. Sementara masih banyak pekerjaan rumah yang sifatnya mendesak juga perlu dituntaskan.  Perda RTRW yang dibuat tahun 2013 lalu yakni, Perda Nomor 04 Tahun 2013 Tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Bulungan 2012-2032. “Nanti itu yang jadi bahan revisi kita demi kepentingan program strategis Kaltara,”akunya.

“Saya optomis langkah-langkah di pemerintah melalui Bappeda dan PU sebagai leading sektor tata ruang bisa menuntaskan ini sebelum akhir tahun,” tuturnya. (umc/tjs)

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply