Bantu Ekonomi Nelayan, SKPT Akan Dibangun di Sebatik

Bantu Ekonomi Nelayan, SKPT Akan Dibangun di Sebatik
Peta pembangunan Sentral Kelautan dan Perikanan Terpadu di seluruh Indonesia. Salah satunya di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Peta pembangunan Sentral Kelautan dan Perikanan Terpadu di seluruh Indonesia. Salah satunya di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan.

Kilas Bulungan – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI berencana membangun Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan sebagai pulau terluar di perbatasan NKRI. Pulau Sebatik sendiri terdaftar sebagai salah satu pulau dari total 20 pulau terluar yang akan dibangunkan SKPT.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kaltara, Amir Bakry membenarkan wacana pembangunan tersebut.  KKP juga sudah melakukan komunikasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara terkait rencana pembangunan SKPT ini.  “Benar, untuk sebatik 2018 ini sentra kelautan dan perikanan terpadu itu dibangun oleh Kemetrian Kelautan bersama pemerintah provinsi,” akunya.

Bahkan, serangkaian tahapan yang bersifat administratif seperti perencanaan dan kajian sudah rampung dilaksanakan oleh KKP. Tinggal, realisasi pembangunan fisiknya saja. “Untuk fisik kita selesaikan 2018 nanti,” katanya.

Dengan adanya SKPT nantinya, akan membuat aktivitas perekonomian para nelayan menjadi lebih tersistematis. Sebab, selain ketersediaan pelabuhan ekspor-impor, para nelayan juga akan dimudahkan dengan pelayanan perizinan, tempat pengisian bahan bakar, perbaikan kapal serta beberapa fasilitas lainnya. Artinya seluruh proses akan terintegrasi dengan lebih maksimal.

“Jadi nanti barang-barang hasil produksi perikanan itu harus mampir disitu (SKPT) semua,” tutur Amir. (du/kk)

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply