Masyarakat Kaltara Harus “Ngotot” Lestarikan Budaya Lokal

Masyarakat Kaltara Harus “Ngotot” Lestarikan Budaya Lokal

Ketua DPRD Provinsi Kaltara Marthen Sablon

Kilas Bulungan – Banyaknya pengklaiman budaya Indonesia oleh negara tetangga, membuat seluruh lapisan masyarakat harus giat melestarikan budaya lokal. Sebab, budaya daerah merupakan potensi sosial yang dapat membentuk karakter dan citra bagi daerah di Kaltara.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kaltara, Marten Sablon mengatakan sebagai daerah perbatasan tentunya memilik pekerjaan rumah tersendiri dalam menjaga budaya serta kearifan lokal agar tetap eksis. Namun, sebagian masyarakat kini, lebih memilih mempelajari budaya luar negeri ketimbang budaya lokal. “Sekarang malah ada yang lebih senang mempelajari budaya-budaya dari luar (negeri), menjadi tugas kita bagaimana mereka mau melestarikan budaya lokal,” ujarnya, Senin (31/10) lalu.

Apalagi interaksi sosial di daerah perbatasan cukup tinggi baik persoalan ekonomi hingga terikat secara sosial dengan negara tetangga. Keterikatan secara sosial yang dimaksud adalah banyaknya warga lokal di beberapa daerah perbatasan menjalin pernikahan dengan warga negara tetangga. Parahnya, beberapa diantaranya secara sadar memilih pindah status warga negara.

Cela-cela tersebutlah yang menurut Marten jarang diperhatikan, sehingga sering kali budaya lokal juga ikut dilestarikan oleh negara tetangga. Kerap kali negara tetang lebih maksimal dalam melestarikan budaya tersebut dibandingkan warga lokal. “Jangan tunggu diklaim sama negara tetangga baru kita mau bertindak,” tegasnya.

Banyak cara sederhana bisa diinisiasi oleh masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran sesama tentang pentingnya pelestarian budaya. Misalnya, menerapkan kembali kebiasan-kebiasaan yang sudah lama menjadi bagian dari kearifan lokal.  “Banyak kebiasaan-kebiasaan nenek moyang kita dulu yang sekarang sudah tidak diterapkan lagi. Hal seperti ini lah yang harus kembali kita lestarikan,” tuturnya. (dc/kk)

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply