Revisi UU Ormas Diharapkan Tuntas Sebelum Pilkada 2018

Revisi UU Ormas Diharapkan Tuntas Sebelum Pilkada 2018
Kepala Kesbangpol Tarakan Agus Sutanto

Kepala Kesbangpol Tarakan Agus Sutanto

Kilas Tarakan – Daerah siap patuh dan tunduk dalam menjalankan keputusan Undang-Undang tentang Organisasi Kemasyarakatan (UU Ormas). Meski, adanya desakan sejumlah pihak yang meminta UU tersebut mengalami revisi kembali.

Namun Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tarakan Agus Susanto berharap revisi UU Ormas ini segera rampung sebelum dilaksanakannya Pilkada serentak 2018.

“Saya berharap revisi ini bisa selesai cepat sebelum perhelatan akbar Pilkda serentak. Kenapa? Untuk mengantisipasi terjadinya konflik yang bernuansa Sara. Bisa saja terjadi politisasi kedepannya,” ujarnya.

Ia menjelaskan sejauh ini belum ada surat atau aturan yang turun dari pusat ke daerah. Hal itu dikarenakan polemik sebagian pihak meminta untuk direvisi.

“Kita di daerah siap menjalankan apapun datang dari pusat, tetapi UU Ormas inikan masih ada beberapa pasal yang dinilai berpotensi menjadi pasal karet atau terlalu berat, maka kita menunggu keputusannya saja,” jelas Agus Susanto ditemui di kantornya, Rabu (01/11).

Ia menjelaskan tiga fraksi di DPR, yakni Partai Persatuan Pembangunan, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Demokrat, mengusulkan revisi. Untuk itu, pihak masih menunggu selesainya UU Ormas sampai betul-betul siap di terapkan.

Dituturkannya, sebanyak 832 ormas saat ini terdaftar di Kesbangpol Tarakan, tetapi hanya sebagian kacil yang aktif dan menyetorkan SK kepengurusannya sejak 2008 lalu.

“Yang aktif sejauh ini kurang lebih 100 ormas dan OKP, dan dari semua itu ormas HTI yang kemarin disinyalir radikal serta telah sudah dibubarkan pemerintah tidak pernah sama sekali melapor ke Kesbangpol Tarakan. Berbeda dengan Gafatar pernah melapor, tetapi sudah lama dibubarkan dan tidak boleh lagi karena terlarang,” Tegas Agus. (mr/kk)

 

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply