Pembebasan Apresiasi Pemprov Naikkan UMP

Pembebasan Apresiasi Pemprov Naikkan UMP
Ilustrasi UMP se Provinsi Kaltara. by Andre.

Ilustrasi UMP se Provinsi Kaltara. by Andre.

Kilas Tarakan –  Kenaikkan UMP (Upah Minimum Provinsi) 2018 yang dilakukan Pemprov Kalimantan Utara Kaltara  sebesar Rp2.559.903, mendapat apresiasi banyak pihak. Salah satunya Pusat Perjuangan Mahasiswa Untuk Pembebasan Nasional (Pembebasan).

Ketua Pembebasan yang bergerak di sektor perburuhan, Teguh Karya mengaku sudah seharusnya UMP mengalami kenaikan setiap tahunnya. “Ya naik itu harus naik karena setiap tahunnya kebutuhan itu selalu berkembang. Berapapun yang naik terpenting sesuai dengan kebutuhan hidup yang disesuaikan dengan harga-harga sembako agar buruh bisa sejahtera. Percuma juga naik jika ternyata masih jauh dari kata sejahtera dan hidup layak,” ujarnya.

Bahkan, Pembebasan akan terus mengawal pihak pemerintah dan perusahaan – perusahaan agar penerapan UMP di Kaltara berjalan dengan lancar dan maksimal. “Kita menolak keras kalo ada perusahaan yang tidak memberikan upah sesuai dengan aturan dan kita juga akan terus memperjuangkan hak – hak buruh dan berkonsolidasi dengan serikat – serikat pekerja serta buruh – buruh agar mereka terus memperjuangkan hak – haknya. Kita juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait bersurat bagaimana perkembangan dan laporan – laporan keuangan dari perusahaan tersebut benar gak nih sudah sesuai dengan UMP,” papar Teguh.

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltara, Armin Mustofa melalui Kepala Bidang Pengawasan dan Hubungan Industrial, Asnawi mengatakan UMP 2018 ditetapkan mengalami kenaikan 8,71 persen dari tahun sebelumnya.  Dari hasil tersebut nilai UMP bertambah sebesar Rp 205.103 karena pemerintah provinsi dan dewan pengupahan sudah sepakat menaikkan UMP 2018.

Asnawi menambahkan akan terus melakukan pengawasan secara berkala terhadap perusahaan – perusahaan guna pengimplementasian UMP agar berjalan maksimal.

(adr/kk)

 

http://www.kilaskaltara.com/wp-content/uploads/2017/12/uykuykuyku.jpg

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply